MAKANAN KHAS KOREA YANG TERKENAL

Di dunia ini banyak jenis dan macam makanan yang enak di setiap negara, tentu hal ini akan membuat banyak sekali pilihan kuliner sesuai dengan keinginan kita. Hal ini sudah pasti karena setiap masakan yang ada di dunia ini mempunyai cita rasa yang khas di setiap wilayahnya, biasanya hal ini di karenakan bumbu rempah yang di gunakan dalam setiap negara berbeda.

Salah satu negara penghasil makanan atau masakan lezat adalah Negara Korea yang tentu kebudayaannya dan juga beberapa makanannya sudah tidak asing lagi bagi kita. Hal ini di karenakan beberapa tahun belakangan ini sangat banyak hiburan yang berasal dari Negara Korea menyerbu Indonesia, tentu secara tidak langsung makanan khas korea dapat di kenal pencinta K-Drama.

Tentu bagi pencinta K-Drama di seluruh dunia penasaran dengan makanan khas korea yang terkenal enak. Berikut adalah rekomendasi makanan makanan yang ada di Korea:

1.Kimchi

6878019331 c6d21380b9 zKimchi adalah makanan yang sangat disukai oleh orang Korea karena terdapat cita rasa khas lidah orang Korea, yakni asam dan pedas. Untuk kamu yang belum tahu, kimchi adalah acar sayuran yang juga dibuat di negara-negara lain. Semisal di Jerman ada sauerkraut, Cina ada paocai, Jepang ada tsukemono, dan India ada achar.
Kimchi asal Korea bukan hanya menawarkan cita rasa yang cocok untuk lidah mayoritas penduduknya, melainkan juga aroma yang tajam. Makanan yang berasal dari Korea ini sekrang sudah tersebar di banyak negara, termasuk Indonesia. Kamu bisa mencoba kimchi di restoran-restoran a la Korea. Di negara-negara selain Korea, kimchi biasa dihidangkan bersama mie goreng, sushi, hot dog, hamburger, dan taco. Penggunaan tersebut adalah sesuatu yang wajar mengingat kimchi sendiri sebenarnya adalah makanan pelengkap, bukan sajian utama.

 2. Samgyeopsal
Hasil gambar untuk SamgyeopsalSamgyeopsal atau samɡjʌp̚sal orang Korea menyebutnya adalah hidangan yang menyajikan bahan utama berupa daging perut babi panggang dengan tekstur yang tebal dan berlemak. Daging babi yang disajikan pada umumnya tidak diberi bumbu alias hanya dipanggang begitu saja di atas pemanggang yang ada di meja-meja restoran.





3. Bibimbap
Hasil gambar untuk BibimbapBibimbap adalah masakan Korea berbentuk nasi putih dengan taburan lauk di atasnya. Dalam bahasa Korea, “bibim” berarti “nasi”. Jadi, bibimbap merujuk pada nasi yang dicampur dengan lauk. Dahulu, makanan khas Korea Selatan ini berasal dihidangkan untuk sesaji yang dipersembahkan pada arwah leluhur.
Penyajian bibimbap dilakukan di dalam mangkuk yang terbuat dari batu yang sudah dipanaskan. Pada bagian atas bibimbap biasanya dituangkan telur mentah yang akan matang melalui panas mangkuk. Selain itu, bibimbap juga sedikit berminyak dikarenakan pada bagian dasar mangkuk dituangkan minyak wijen sebelum dimasukkan nasi. Tujuan penuangan minyak wijen tersebut tak lain untuk membentuk lapisan kerak nasi yang harum dan garing di dasar mangkuk.

 4. Bulgogi
Hasil gambar untuk 4. BulgogiBulgogi juga termasuk makanan khas Korea yang sangat terkenal. Makanan satu ini juga menggunakan olahan daging, sama seperti samgyeopsal. Bedanya, jika samgyeopsal menggunakan daging babi, sedangkan bulgogi memakai daging sirloin atau daging sapi pilihan. Bulgogi pada umumnya disajikan bersama kimchi, bawang putih, atau bumbu penyedap lain yang disatukan dalam bungkusan daun selada.
Bumbu bulgogi terbuat dari campuran gula dan kecap asin yang ditambahkan rempah-rempah lain asal Korea. Selain di Korea, makanan sejenis bulgogi juga bisa ditemukan di Jepang yang diberi nama yakiniku. Perbedaannya, bumbu yakiniku tidak terlalu manis, sementara bulgogi dibuat lebih manis. Untuk membuat bulgogi, orang Korea tidak menggunakan plat besi datar atau teppan untuk mematangkannya, melainkan dengan panci datar.

5. Haejangguk

Selain di Indonesia yang banyak terdapat masakan berbahan dasar daging dan jeroan sapi, Korea juga punya makanan serupa yang menggunakan daging dan jeroan sapi sebagai bahan baku utamanya. Makanan khas Korea yang satu ini dikenal unik oleh penduduk Korea. Pasalnya, ada orang yang menyantap sup haejangguk untuk obat mabuk. Penggunaan haejangguk sebagai obat mabuk telah menjadi mitos klasik di Korea.
Daging dan bagian perut sapi yang dipilih untuk membuat haejangguk kebanyakan menggunakan daging yang berkualitas. Oleh karenanya, panganan ini dijual dengan harga yang lumayan tinggi. Tapi banyak warga Korea yang mengaku tidak peduli dengan harganya karena yang terpenting makanan yang menjadi santapannya dibuat dengan bahan-bahan bermutu dan diproses dengan standar yang tinggi pula.

6. Nakji Bokkeum
Hasil gambar untuk Nakji BokkeumNakji bokkeum adalah hidangan berbahan dasar gurita yang digoreng sampai kering. Penyajian udang goreng kering biasanya dilakukan bersama tumisan sayur atau dijadikan menu pendamping untuk mie khas Korea.
Nakji bokkeum menyimpan karakteristik sebagai panganan Korea. Rasanya yang pedas bisa menggugah selera makan agar semakin lahap menyantapnya. Rasa pedas yang dimiliki merupakan hasil dari penggunaan pasta cabe yang membumbui gurita dan tumisan sayur. Untuk mereka yang tak terbiasa dengan masakan Korea menganggap makanan satu ini sangatlah pedas. Jadi tak jarang dari mereka yang mencampur nakji bokkeum dengan nasi agar pedasnya bisa berkurang.

7. Jeongol
Hasil gambar untuk 7. JeongolMakanan khas Negeri Ginseng berikutnya adalah Jeongol. Jeongol ini adalah panganan berupa mie khas Korea bertekstur kenyal sejenis shabu-shabu yang berasal dari Jepang. Setali tiga uang dengan shabu-shabu khas Jepang, jeongol juga berisikan sayur-sayuran yang direbus bersama daging, olahan laut, da bahan-bahan tambahan lain. Selain itu, pada jeongol juga ditambahkan tteok. Untuk kamu yang tidak tahu, tteok adalah makanan tradisional khas Korea yang terbuat dari tepung beras.
Untuk membuat jeongol, ada panci khusus yang dinamakan jeongoiteul yang bisa menampung semua bahan pembuatannya. Cara menyajikan jeongol biasanya langsung dalam porsi besar sehingga dapat dinikmati oleh 4 – 6 orang. Menyinggung soal rasanya, jeongol bukan cuma kaya akan sayur-sayur yang menyehatkan, melainkan juga menyimpan kelezatan yang berpadu dengan bumbu-bumbu dan kuah kaldunya.

8. Jjampong
Hasil gambar untuk JjampongJjampong atau champong adalah olahan mie kuah yang disajikan bersama sayur dan produk laut. Soal rasanya, jjampong sudah cukup untuk menantang kemampuan lidah dengan tingkat kepedasan yang dimilikinya. Untuk diketahui, meskipun jjampong adalah makanan yang terkenal di Korea, namun makanan ini sebenarnya adalah pengaruh dari Jepang dan Tiongkok. Orang Korea biasa menyantap jjampong untuk menghangatkan perut.

9. Tteokbokki
Hasil gambar untuk TteokbokkiTteokbokki merupakan panganan asli Korea yang terbuat dari tepung beras yang dimasak bersama bumbu gochujang pedas manis. Gochujang sendiri sangat terkenal di Korea sebagai bumbu yang sangat penting dan hampir selalu ada pada setiap makanan khas Korea yang mempunyai cita rasa pedas. Tteokbokki dikenal oelh masyarakat Korea sebagai makanan rakyat yang banyak dijual di pijangmacha (sejenis angkringan kalau di Indonesia).

10. Samgyetang
Hasil gambar untuk SamgyetangSamgyetang juga termasuk sup khas Korea. Bahan utama yang disajikan dalam samgyetang adalah ayam muda utuh yang direbus dalam panci kecil di atas api kecil selama 2 – 3 jam hingga dagingnya empuk untuk hidangan satu orang alias satu porsi saja. Hidangan ini biasanya dimakan bersama anggur ginseng.
Samgyetang tergolong ke dalam makanan tradisional yang sarat gizi. Orang Korea biasa membuat dan menyantap samgyetang pada saat musim panas sehingga tubuh tidak mudah lemas. Ada waktu-waktu khusus untuk menyantap hidangan ini selama musim panas, yakni pada tiga hari istimewa: chobok, jungbok, dan malbok. Jika kamu mau mencoba makanan ini, samgyetang banyak dijual di rumah makan khusus samgyetang yang biasanya selalu ramai pembeli.

11. Budae Jjigae

Jjigae secara harfiah diartikan sebagai sup dalam bahasa Korea. Ada banyak macam jjigae di Korea, seperti sundubu, doenjang, dan kali ini adalah budae. Budae jjigae adalah sup buatan Korea yang dimasak dengan ham dan daging kalengan. Berdasarkan kisah yang beredar, budae jjigae pertama kali ada pada saat berakhirnya Perang Korea di mana rakyatnya mengalami krisis bahan pangan. Ketika itu, rakyat yang tinggi di Uijeongbu memanfaatkan kelebihan bahan pangan dari pangkalan militer Amerika Serikat yang berupa ham dan daging kalengan.

 12. Kimchi Jjigae
Hasil gambar untuk 12. Kimchi JjigaeJika kimchi adalah panganan sejenis acar dan jjiage berarti sup, maka makanan khas Korea ini bisa dikenali sebagai makanan berupa sup pedas yang berisikan sayuran. Adapun jenis sayuran yang disajikan dalam panci bersama kuah kaldu supnya adalah sawi putih dan daun bawang. Selain itu, juga terdapat tambahan bahan seperti tahu, produk hasil laut, atau daging babi.
Kimchi jjigae biasa dihidangkan oleh orang Korea sebagai menu utama pada santap nasi. Menurut pengakuan kebanyakan warga, kimchi jjigae ini tak perlu dibeli di restoran karena bahan-bahannya mudah didapat sekaligus cara membuatnya pun tidak sulit. Sup kimchi pada umumnya dihidangkan di tengah-tengah meja berikut pancinya atau bisa diganti dengan panci keramik berukuran kecil (ttukbaegi) dengan pelengkap berupa lauk pendamping atau banchan.

13. Naengmyeon
Hasil gambar untuk 13. NaengmyeonPada musim dingin, masyarakat Korea banyak memburu makanan yang bisa menghangat perut semisal sup. Namun bila musim panas tiba, biasanya mereka berganti hidangan ke makanan dingin. Salah satu makanan khas Korea yang menyajikan menu dalam keadaan dingin adalah naengmyeon. Naengmyeon adalah mie dingin yang sangat populer saat Korea memasuki musim panas. Makanan dingin naengmyeon berbentuk hidangan mie tipis dan kenyal yang terbuat dari gandum serta kentang atau tepung ubi jalar.
Naengmyeon memiliki dua jenis hidangan, tergantung pada penyajiannya. Pertama ada mul naengmyeon atau pyeongyang yang mana mie disajikan bersama kuah kaldu yang umumnya diracik menggunakan kaldu sapi atau dongchimi. Sedangkan jenis naengmyeon lainnya adalah bibim naengmyeon. Bibim naengmyeon atau hamheung disajikan bersama saus merah bercita rasa pedas. Hidangan naengmyeon sendiri lebih populer di Korea Selatan setelah konflik Korea di mana banyak orang dari Korea Utara yang lari menuju Korea Selatan.

14. Jangmyeon
Hasil gambar untuk 14. JajangmyeonKorea termasuk negara yang paling banyak memiliki jenis mie. Bahkan, mie telah dimasukkan ke dalam makanan pokoknya sehari-hari. Jajangmyeon merupakan salah satu jenis mie di Korea yang terbuat dari tepung gandum. Ada cukup banyak variasi dari jajangmyeon, seperti ganjajangmyeon, samseon jajangmyeon, dan samseon ganjajangmyeon. Perbedaan antara masing-masing jajangmyeon terletak pada cara penyajian dan campuran yang digunakan untuk sausnya.
Saus yang umumnya digunakan untuk menemani santap jajangmyeon adalah saus pasta kedelai hitam. Untuk menambah kenikmatannya, tak jarang dari penduduk Korea yang menambahkan makanan laut semisal cumi-cumi, teripang, dan udang ke dalam sausnya. Saus pasta yang bercampur dengan makanan laut [ikan tidak termasuk, red] adalah salah satu variasi dari jajangmyeon, yakni samseon jajangmyeon.

15. Hoddeok
Hasil gambar untuk 15. HoddeokHoddeok adalah makanan ringan khas Korea yang biasa dijajakan oleh pedagang yang berjualan di tepi-tepi jalan negara Korea Selatan. Jika di Indonesia, hoddeok hampir sama dengan pancake. Cita rasa dari hoddeok manis. Panganan ini terbuat dari adonan tepung terigu, air, susu, gula, dan ragi. Bahan-bahan adonan yang sudah dicampur untuk dibuat hoddeok kemudian diisikan dengan campuran gula merah, madu, kacang, dan kayu manis.
Hoddeok sendiri bisa diolah menggunakan dua metode, yakni dipanggang seperti sandwich atau digoreng dan dipipihkan di atas hot plate. Karena bahan isian hoddeok kebanyakan bercita rasa manis, kue ini menjadi makanan favorit anak-anak di Korea. Apabila kamu penggemar berat drama Korea, hoddeok baisanya banyak diekspose kamera. Orang Korea biasa menyantap hoddeok saat musim dingin untuk mengganjal perut.


 Sumber :

http://makananoleholeh.com/makanan-khas-korea/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKANAN KOREA SELATAN YANG HALAL

KEBIASAAN UNIK ORANG KOREA SELATAN